Selasa, 09 Desember 2014

Wawasan pembelajaran tentang Radiologi


Assalamualaikum disini saya ingin mempublikasikan tentang Radiologi
berikut pembahasannya:

Radiologi jika dipenggal berdasarkan kata berasal dari kata radio adalah pancaran sinar ataupun gelombang, sedangkan logi artinya pengetahuan. jadi radiologi pada dasarnya pengetahuan tentang pancaran sinar ataupun gelombang. radiologi juga merupakan cabangnya dari ilmu kedokteran pada studi penggunaan teknologi medis untuk mendiagnosa suatu penyakit. radiologi mempelajari ilmu-ilmu dalam ruang lingkup radiografi yang mengambarkan suatu gambaran yang tak tembus pandang. dalam pembelajaran radiologi, kita mempelajari:

1. Dasar-dasar dari teknik radiografi yaitu mempelajari bagaimana teknik atau tata cara dalam radiografi dengan menggunakan buku kaidah merryl, dengan melalukan berbagai cara dan alat2 radigrafi yg dipakai dalam membuat foto.

2. Radiofotografi yaitu merupakab bagian dari ilmu radiografi, dimana radiofotografi lebih membahas pada proses bagaimana menghasilkan sebuah foto rontgen dengan kualitas yang baik sehingga foto rontgen yang dihasilkan tadi mampu menunjukan diagnosa yang akurat dan untuk menghasilkan sebuah foto rontgen yang berkualitas, diperlukan banyak hal mulai dari mengenal konsep radiografi itu sendiri hingga menilai kualitas gambaan dari foto yg dihasilkan.

3. selain mempelajari cara membuat foto maupun melihat hasil gambaran untk mendiagnosa, kita juga mempelajari sedikit dari cara kerja alat teknologi tersebut yaitu teknik pesawat rontgen dimana dijelaskan sistem kerja dari alat rontgen maupun macam-macam alat dan cara pemakaiannya. diselipkan juga pelajaran listrik untuk cara kerja mesin rontgen tersebut. dalam hal ini pesawat rongen merupakan suatu alatbyang dirancang sedemikian rupa dimana didalam ya terdapat unsur mekanik, elektrik, elektronik, teknik digital, teknologi yang dipakai dalam desain selalu berkembang mengikuti kemajuan ilmu penetahun dan teknologi/IPTEK.

4. Anatomi Fisiologi
mempelajari anatomi tubuh ataupun rangka pada tubuh beserta fungsi-fungsinyaa atau ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bentuk dan susunan tubuh suatu organisme yang mempelajari fungai atau kerja tubuh suatu oraganisme dalam keadaan normal.

5. Pekerja radiologi baik dokter radiolog, pekerja radiasi dan radiografer harus mempelajari etika profesi, dimana hal tersebut menunjang profesionalitas pada pekerja pada bidang radiologi tersebut.

6. dan kita harus mempelajari tata caa proteksi radiasi bagi pekerja radiasi dengan cara:
-memakai apron/shielding
-perbandingan jarak 1/R kuadrat
-waktu eksposi yg dipakai

Alat-alat dari teknologi radiologi sebagai berikut:
menggunakan sinar-x, USG, CT-Scan, Tomografi Emisi Positron (PET), MRI, dll.

Perrlengkapan radiografi sebagai berikut:
- Pesawat Sinar-x
- Tabung sinar-X
- Window
- focus cup
- oil
- cairan processing film
- film
- kaset
dll

jadi Radiologi merupakan bagian cabang yang penting dalam mempelajari bagian dari ilmu kedokteran dengan memanfaatkan teknologi yang berfungsi mendiagnosa atau menyembuhkan suatu penyakit.

semoga pada blog ini dapat bermanfaat bagi kita semua.


@indahpermata_ps










@indahpermata_ps


Tidak ada komentar:

Posting Komentar